Visi, Misi dan Tujuan Prodi S1 Penyuluhan Pertanian

03 Oktober 2016

Visi 

“Menjadi Program Studi S1 Penyuluhan Pertanian Transformatif yang Bermutu dan Terkemuka di Sumatera pada tahun 2025.”

Misi

Berdasarkan visi Program Studi Sarjana Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tersebut di atas, disusun misi program studi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Penyuluhan Pertanian yang berciri transformatif secara profesional
  2. Memperkuat basis ilmu dan teknologi melalui penelitian bermutu tinggi untuk pengembangan penyuluhan pertanian berciri transformatif.
  3. Mengembangkan sistem informasi dan program pengabdian pada masyarakat yang berkualitas tinggi dalam bidang penyuluhan pertanian untuk membantu proses transformasi sosial menuju kemandirian masyarakat.

Tujuan

Dengan cara pandang dan wacana yang demikian, maka program studi Penyuluhan Pertanian (PNP) yang bersifat interdisiplin dan transformatif ini dibangun dan ditegakkan di dalam Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas, mulai tahun 2017, dengan tujuan untuk menghasilkan SDM sarjana pertanian yang mampu memfasilitasi transformasi sosial dan pemberdayaan masyarakat pertanian/ pedesaan melalui proses pembelajaran dan komunikasi serta pengelolaan (manajemen) inovasi pertanian secara berkelanjutan dan penguatan kelembagaan masyarakat.

Untuk lebih rincinya, tujuan dari Prodi PNP adalah:

  1. Menghasilkan sarjana pertanian yang bertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki integritas kebangsaan dan kepribadian tinggi, serta memiliki landasan ilmu dan kompetensi tinggi dalam bidang penyuluhan (pertanian) transformatif.
  2. Menghasilkan basis ilmu dan teknologi yang bermutu tinggi untuk pengembangan penyuluhan (pertanian) transformati
  3. Menghasilkan sistem informasi dan program pengabdian pada masyarakat dalam bidang penyuluhan pertanian untuk memfasilitasi proses transformasi sosial menuju kemandirian masyarakat.

Profil Lulusan

Program Studi Penyuluhan Pertanian bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan untuk bekerja sesuai dengan profil lulusan sebagai berikut:

  1. Fasilitator Pembelajaran Pertanian
  2. Manajer Inovasi Pertanian
  3. Komunikator Pertanian
  4. Pengelola Kelembagaan Penyuluhan Pertanian
  5. Akademisi

 

Read 264 times