Visi, Misi dan Tujuan Prodi S1 Penyuluhan Pertanian

03 Oktober 2016

Visi 

“Menjadi Program Studi S1 Penyuluhan Pertanian Transformatif yang Bermutu dan Terkemuka di Indonesia pada tahun 2028.”

Misi

Berdasarkan visi  tersebut di atas, disusun misi program studi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas dalam bidang penyuluhan pertanian yang berciri transformatif untuk menghasilkan sarjana yang bermartabat, berjiwa pembelajar, komunikatif, professional dan mampu bersaing tingkat nasional
  • Melaksanakan penelitian bermutu tinggi dalam bidang penyuluhan pertanian berciri transformatif untuk memperkuat basis ilmu dan teknologi serta berorientasi publi-kasi internasional untuk pengembangan penyuluhan pertanian.
  • Mengembangkan sistem informasi dan program pengabdian pada masyarakat (dalam bidang penyuluhan pertanian) yang berkualitas tinggi serta berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu proses transformasi sosial menuju kemandirian masyarakat.
  • Menjalin dan memanfaatkan jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan multi pihak baik tingkat daerah, nasional, dan internasional, untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

 

TUJUAN PRODI PENYULUHAN PERTANIAN

  • Menghasilkan sarjana pertanian dengan kompetensi tinggi di bidang penyuluhan pertanian transformatif, yang bertaqwa kepada Tuhan YME, bermartabat dan memiliki integritas kebangsaan dan kepribadian tinggi, berjiwa pembelajar, komuni-katif dan profesional, serta memiliki landasan ilmu guna membantu proses transfor-masi sosial menuju kemandirian masyarakat.
  • Menghasilkan penelitian yang bermutu tinggi dalam bidang penyuluhan pertanian yang berciri transformatif untuk memperkuat basis ilmu dan teknologi serta berori-entasi publikasi internasional untuk pengembangan penyuluhan pertanian.
  • Menghasilkan sistem informasi dan program pengabdian pada masyarakat dalam bidang penyuluhan pertanian untuk memfasilitasi proses transformasi sosial menuju kemandirian masyarakat
  • Menghasilkan dan memanfaatkan jaringan kerjasama yang berkelanjutan dengan multi pihak, baik nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan pendi-dikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (tridharma perguruan tinggi).

Profil Lulusan

Program Studi Penyuluhan Pertanian bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan untuk bekerja sesuai dengan profil lulusan sebagai berikut:

  1. Fasilitator Pembelajaran Pertanian
  2. Manajer Inovasi Pertanian
  3. Komunikator Pertanian
  4. Pengelola Kelembagaan Penyuluhan Pertanian
  5. Akademisi

 

Read 3189 times